Saturday 24 August 2013

5.600 Personel Siaga, Demo Diadang Helikopter Hari Ini Kampanye Dimulai

 
TAHAPAN pemilihan gubernur memasuki masa kampanye mulai hari ini, Sabtu (24/8). Sebagai permulaan, tiga pasangan calon akan memaparkan visi dan misi di DPRD Kaltim pagi ini. Kampanye dijadwalkan hingga 6 September 2013.
 
Demi keamanan sepanjang pesta rakyat, diadakan Geladi Lapang (simulasi) Pengamanan Pilgub di GOR Sempaja, Samarinda, siang kemarin (23/8). Dalam kegiatan, sejumlah aksi untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk pilgub dipertontonkan.

Tak hanya di darat, aksi kepolisian ketika bentrok dengan pengunjuk rasa didukung bantuan helikopter. Ini terbilang baru dalam metode penanganan demo pilgub Kaltim selama ini. Peran helikopter itu, mengawasi pergerakan aksi dan pantauan lapangan.

Setelah simulasi, Kapolda Kaltim Irjen Dicky Atotoy mengatakan, rentang kampanye merupakan saat rawan kriminalitas meningkat. Begitu pula tahapan pencoblosan dan perhitungan suara.

“Untuk pengamanan ada 5.600 personel dari kepolisian, seribu lebih dari TNI dan 18.000-an dari  linmas. Untuk standar tingkat pengamanan, seperti visualisasi simulasi ini,” terangnya. Namun demikian, lanjutnya, jumlah kriminalitas saat ini belum meningkat meskipun suhu politik meningkat.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim Andi Sunandar menuturkan, sejauh ini tahapan pilgub sesuai jadwal. Andi mengatakan jika dianggap kurang, KPU akan terus masih menambah sosialisasi.

“Sekarang lebih terkonsentrasi kepada pemilih terutama dari Kaltara (Kalimantan Utara, Red.). Sesuai perundang-undangan, warga Kaltara masih harus memilih,” ujarnya.

Tiga pasangan cagub dan cawagub Kaltim hadir dalam simulasi. Mereka asyik memerhatikan simulasi pengamanan yang tampak nyata. Mulai dari aksi-aksi, penanganan ledakan bom, distribusi surat suara, hingga pengamanan kotak suara. Sejenak beberapa tokoh tampak tersenyum, saat aktor yang memerankan calon gubernur dalam simulasi menyebut program kampanyenya. Yakni dana APBD tidak akan dikucurkan untuk pembangunan, tapi langsung dibagi-bagikan pada masing-masing warga.
VISI MISI

Lalu apa persiapan untuk pemaparan visi misi hari ini? Pasangan calon Farid Wadjdy-Aji Sofyan
Alex menyatakan siap berkampanye dengan tertib. Melalui Andi Fathul Khair, manajer tim sukses (timses), kandidat nomor dua ini buka-bukaan mengenai pola kampanye.

“Kami bergerak dari pinggiran dan bertemu di kota. Tidak dalam bentuk pawai tapi berhenti di titik-titik tertentu. Begitu pula alat peraga kampanye lebih banyak disebar di pinggiran kota,” urainya.

Pada jadwal pertama, Farid bakal menyusuri tepi Samarinda dan salat zuhur di Masjid Darussalam. Dia juga berziarah ke makam ayahnya, Djafar Sabran, seorang ulama besar pada era 1960-an. Tak luput disambangi pusat keramaian seperti pasar, mal,  begitu pula pesantren dan rumah sakit.

Disinggung kekompakan partai pengusung pada masa kampanye, Andi menguraikan, proses penetapan cawagub memang menyedot energi. Saat ini, koalisi PPP-PDI Perjuangan belum jelas. Terutama PDI Perjuangan yang belum menyatakan dukungan mengingat Siswadi, calon yang mereka ajukan untuk mengganti Aji Sofyan Alex, ditolak KPU.

Andi mengistilahkan, pesawat yang harusnya beroperasi dengan dua mesin kini mengandalkan satu saja. “Memang tidak seimbang tapi kami percaya semua berjalan baik. Justru menjadi semangat buat kami,” tegasnya.

Pasangan calon nomor satu, Awang Faroek Ishak-Mukmin Faisyal mengatakan siap melalui tahapan kampanye. “Saya sudah menyiapkan bahan pemaparan visi-misi, besok (hari ini, Red), sejak seminggu lalu,” terang Faroek.

Senada, Imdaad Hamid-Ipong Muchlissoni yang mendapat nomor urut tiga menegaskan, siap dengan kampanye. “Siap bersaing dengan sehat dan melalui tahapan dengan tertib,” tegas Ipong.

No comments:

Post a Comment