Berbelanja lewat internet memang bukan lagi konsep bagi masyarakat
Indonesia. Namun Blibli.com mencoba menawarkan sesuatu yang berbeda
dengan menghadirkan sebuah ekosistem e-commerce yang memungkinkan
konsumen berbelanja seperti layaknya di mall.
Blibli.com sendiri
tak ubahnya mal online yang menawarkan bermacam-macam produk kepada
konsumen mulai dari produk fashion, hiburan, alat-alat rumah tangga
hingga gadget dari merek ternama.
Chief Executive Officer (CEO)
Blibli.com Kusumo Martanto menegaskan situsnya memiliki model bisnis
yang berbeda dengan toko online pada umumnya. Karena Blili.com tidak
hanya berperan sebagai etalase toko, tapi juga menyediakan seluruh
ekosistem yang dibutuhkan untuk toko online seperti sistem pembayaran
yang aman, pengiriman barang, hingga layanan call center untuk
memudahkan konsumen mendapatkan informasi seputar produk ataupun
bertransaksi.
"Kendala perkembangan e-commerce di Indonesia saat
ini tidak lepas dari kekhawatiran konsumen terhadap kualitas produk,
reputasi situs hingga pengiriman barang dan pembayaran. Blibli.com
mencoba menjawab tantangan itu dengan menawarkan produk yang sudah
teruji kualitasnya," jelas Kusumo seperti dikutip dari Okezone.
"Selain
itu, kami juga didukung oleh back-end yang kuat untuk menunjang
kegiatan transaksi, seperti bank terkemuka untuk menangani pembayaran
atau jasa pengiriman barang yang sudah terpercaya," lanjutnya.
Sebenarnya,
Blibli.com sudah mengadakan soft launch pada 2 Mei lalu, namun mereka
baru akan benar-benar memperkenalkan situs ini kepada publik 25 Juli
mendatang. Head of Marketing Ivan W Hudyana menyatakan pihaknya menerima
respon yang positif dari pengunjung situs mereka.
"Sejak 2 Mei
lalu, kami sudah mencatat lebih dari 100 ribu visitor di situs kami. Hal
ini cukup membanggakan mengingat kami sama sekali tidak mengeluarkan
biaya sepeser pun untuk promosi di media tradisional seperti televisi
atau iklan cetak. Kami melakukan promosi sepenuhnya melalui online
seperti social media, atau dengan word-of-mouth," papar Ivan.
Ivan
mengklaim hingga kini Blibli.com sudah menggandeng lebih dari 100
merchant sebagai mitranya. Beberapa merek ternama yang sudah tercatat
sebagai merchant diantaranya adalah Batik Danar Hadi, Era Phone, Bali
Alus hingga Harley Davidson.
Konsumen Blibli.com bisa memilih
beberapa opsi pembayaran dalam melakukan transaksi, mulai dari debit
(khusus untuk pemegang kartu debit BCA dan Mandiri), kartu kredit,
virtual account hingga internet banking. Kusumo menjelaskan bahwa
pihaknya belum menyediakan opsi cash on delivery (COD) karena ingin
memastikan transaksi yang aman baik bagi konsumen maupun merchant.
No comments:
Post a Comment