Saturday 17 August 2013

Rayakan HUT RI, Google 'Kibarkan' Merah Putih

Jakarta - Jika biasanya Anda melihat halaman pencarian Google dengan huruf khasnya berwarna biru, merah, hijau dan orange, hari ini mesin pencarian raksasa tersebut ikut merayakan HUT RI ke 68 dengan menampilkan nuansa Hari Kemerdekaan.

Dikunjungi detikINET, Sabtu (17/8/2013), logo Google diganti dengan balutan warna merah putih. Logo burung Garuda sebagai lambang negara, 'bertengger' gagah menggantikan salah satu huruf 'O' dalam kata Google.

Seperti Google Doodle pada umumnya, saat diklik logo ini akan menggiring kita ke hasil pencarian berhubungan dengan hari kemerdekaan. Kehadiran tampilan baru ini seolah menjadi kado istimewa dari raksasa mesin pencarian tersebut bagi masyarakat Indonesia.



Ini bukan pertama kalinya Google menampilkan doodle khusus merayakan 17 Agustus. Tahun lalu, di hari ulang tahun Indonesia yang ke-67, Google memasang desain doodle berupa aktivitas perlombaan khas 17-an yakni balap karung. Tahun sebelumnya di 2011, desain yang ditampilkan adalah lomba panjat pinang.




Google sendiri memang punya kebiasaan mengubah logonya untuk merayakan peringatan tertentu, termasuk perayaan kelahiran tokoh seniman atau ilmuwan terkenal, sejarah penemuan sebuah benda atau teknologi, dan lain-lain. Logo khusus bertema, bisa disebut sebagai Google Doodle. Konsepnya pun ada di antaranya yang bersifat interaktif.

No comments:

Post a Comment