Friday 16 August 2013

Riset: Facebook Membuat Penggunanya Merasa Kesepian

Liputan6.com, Michigan : Selama ini jejaring sosial Facebook memang menjadikan penggunanya terhubung dengan teman lain di dunia maya. Ini berarti, aktivitas sosial terus berlangsung dengan perantara internet. Tapi ini tak menjadikan pengguna Facebook tak merasa kesepian.

Dilansir dari laman Independent, Jumat (16/8/2013), Facebook malah cenderung menjadikan penggunanya merasa sedih. Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Michigan terhadap 82 orang dewasa. Responden dilakukan perbandingan mengenai apa yang dirasakan saat menggunakan Facebook dalam waktu tertentu.

Sebanyak 82 orang dewasa itu diharuskan menjawab sejumlah pertanyaan. Antara lain: "Apa yang Anda rasakan saat ini?", "Apakah Anda merasa khawatir saat ini?", "Seberapa sering Anda merasa kesepian?".

Tentu saja diselipkan juga pertanyaan mengenai Facebook. Pertanyaan itu adalah: "Seberapa sering Anda menggunakan Facebook saat terakhir kami tanya?" serta "Seberapa sering Anda berinteraksi dengan orang lain secara langsung?".

Ternyata, pengguna Facebook yang juga sering berinteraksi secara langsung dengan orang lain menjadi orang yang lebih bahagia. Tapi para ilmuwan ini menganggap tak ada bukti bahwa Facebook mengurangi kebahagiaan. Sebab, bisa jadi mereka yang dianggap bahagia akan meninggalkan Facebook saat merasa sedang dalam suasana hati yang tak menyenangkan.

Meski begitu, responden diketahui banyak yang menggunakan Facebook saat merasa kesepian. "Di permukaan, Facebook menghadirkan sumber daya tak ternilai untuk mengisi kebutuhan manusia akan koneksi sosial," kata Ethan Kross, kepala penelitian yang menulisnya di jurnal "Plos One".

"Tapi ketimbang menyokong anggapan itu, kami menemukan penggunaan Facebook menghasilkan sebaliknya, mengurangi (koneksi sosial) itu," lanjut Kross.

Lalu bagaimana pendapat Anda? Apakah Facebook membuat Anda tak merasa bahagia dan malah membuat Anda merasa kesepian? Tentu Anda sendiri juga bisa menjawabnya. (gal)

No comments:

Post a Comment