Saturday 17 August 2013

Bendera Merah Putih Akhirnya Berkibar Puncak Cartens

JAYAPURA [PAPOS]- Untuk pertama kalinya, bendera merah putih dikibarkan di Dam Bali tepat didaerah Danau satu sekitar Puncak Cartens, Kabupaten Mimika, Rabu (14/8).
Pengibaran bendera merah putih ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Polda Papua untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke ke-68 di tanah Papua.
Pengibaran bendera merah putih ini dilakukan oleh pasukan Koteka yang dihadiri langsung Kapolda Papua Irjen (Pol) Drs. M. Tito Karnavian, MA, Ph.D, ketua pengurus Bhayangkari, dan juga karyawan-karyawan PT. Freeport Indonesia.

Kapolda Papua, Irjen (Pol) Drs. M. Tito Karnavian, MA, Ph.D kepada wartawan mengatakan pengibaran merah putih yang dilakukan di Dam Bali, tepatnya di daerah Danau Satu, bagian dari Puncak Cartens sesuatu yang baru dilakukan.

“Ini hal bersejarah yang nantinya akan  selalu dikenang dan menjadi kebanggan bagi Polda Papua,” ucap Kapolda, Rabu (14/8) lalu.

“Ini merupakan hal unik, sebab tidak ditemukan ditempat lain di Indonesia, bahkan pada Asia Tenggara sekalipun,” tambah Kapolda,.

Kapolda menegaskan dengan dikibarkannya  bendara merah putih menandakan Papua merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Diakui Kapolda tempat ini, merupakan sesuatu yang khusus dan bersejarah dalam peringatan hari kemerdekaan RI selama selama menjadi anggota polisi., dan berbeda dengan Perayaan yang dilakukan didalam air dan Goa namun ditempat ini, benar-benar unik dan bersejarah karena Bendera Merah Putih berkibar di Puncak tertinggi gunung di Papua bahkan Indonesia dan di Asia Tenggara,” akui.

“ Kepuasan bagi Pendaki gunung terkenal dunia, terasa kurang bila tidak mendaki Puncak Cartens, biasanya Pendaki Gunung akan selalu mencari Puncak-puncak yang tertinggi yang sebelumnya pernah dilaluinya, sehingga dari itu tentunya Puncak Cartens dijadikan sebagai Objek wisata bagi pendaki Gunung yang ingin mencari kepuasan dalam mendaki gunung dan agar Puncak tersebut bisa teralisir dalam objek wisata maka kepada Pemda maupun unsure terkait ikut mendukung untuk menjadikanya sebagai Objek wisata yang tentunya bisa menambah devisa bagi Negara dan Provinsi Papua sendiri,” ujarnya.

Disinggung Jumlah Personil yang dilibatkan, dalam kegiatan tersebut, terang Kapolda, 1 regu Pasukan koteka, 1 regu Brimob, 1 regu TNI serta sejumlah Karyawan PT. Freeport Indonesia dan tak lupa dari Ketua Cartens Of Adventcer, Maximus dengan Komandan Upacara, Kapolres Mimika, AKBP Jeremias Rontini, SIk sedangkan Pasukan Paskibra dari Pasukan Koteka yang berada di daerah timika,” terangnya. 

Harapannya dengan berkibarnya Bendera Merah Putih tersebut, keutuhan Papua tetap dalam bingkai NKRI sehingga patut dijaga dan dilestarikan sekarang dan selama-lamanya oleh generasi Penerus masa kini,” tukasnya.

No comments:

Post a Comment