Monday 19 August 2013

Iran Prihatin Akan Konflik di Mesir

Teheran, - Krisis di Mesir kian mengkhawatirkan. Ketua parlemen Iran Ali Larijani menyatakan, Republik Islam itu prihatin akan konflik yang terjadi di Mesir.

"Republik Islam Iran sangat sedih atas situasi terkini di Mesir karena Mesir merupakan negara yang hebat di dunia Arab dan dunia Islam," kata Larijani dalam wawancara dengan media Iran, al-Alam seperti dilansir Press TV, Senin (19/8/2013).

Larijani pun menyerukan adanya dialog nasional antara berbagai pihak di Mesir. Dikatakannya, rakyat Mesir harus menerima bahwa mengelola negara hanya mungkin lewat koordinasi antara semua pihak yang berbeda.

"Para orang terpelajar, ilmuwan, dan politisi Mesir harus bekerja bersama-sama dan rakyat Mesir sendirilah yang harus punya strategi jelas untuk mengakhiri konflik ini," tegas Larijani.

Mesir telah dilanda pertumpahan darah yang terus meningkat sejak penggulingan presiden terpilih Mohamed Morsi pada 3 Juli lalu. Bahkan pada 14 Agustus lalu, aparat polisi melancarkan operasi pembersihan kamp-kamp demonstran pro-Morsi di Kairo. Lebih dari 600 orang tewas dalam insiden berdarah itu. Pemerintah interim Mesir menuai banyak kecaman dari komunitas global atas operasi pembersihan tersebut.

No comments:

Post a Comment