Friday 23 August 2013

Mata Uangnya Rontok, Bank Sentral Brasil Kucurkan Stimulus US$ 60 Miliar

Jakarta - Kondisi pelemahan mata uang tak hanya terjadi di Indonesia, Brasil juga menghadapi kondisi yang sama. Bank sentral Brasil langsung mengumumkan program stimulus US$ 60 miliar untuk menyelamatkannya dari krisis.

Program ini berupa swap mata uang dan pinjaman senilai US$ 3 miliar per pekan. Lewat program ini, bank sentral Brasil ingin menyelamatkan kejatuhan nilai tukarnya.

Dikutip dari CNN, Jumat (23/8/2013), langkah bank sentral Brasil ini dilakukan karena situasi ekonomi di AS membuat investor asing menarik dananya dari negara-negara berkembang, dan kembali ke AS.

Seperti diketahui, bank sentral AS yaitu The Fed berencana untuk menghentikan program stiumulusnya karena ekonomi AS membaik. Kondisi ini membuat dana-dana investor kembali ke AS.

Karena situasi ini, mata uang di dunia seperti India dan Indonesia mengalami tekanan cukup dalam. Demikian juga dengan nilai mata uang Brasil yang tertekan.

Tekanan terhadap mata uang ini akan menimbulkan inflasi. Selain itu, bursa saham juga jatuh, dan sejumlah pengusaha mengalami kerugian cukup besar.

No comments:

Post a Comment