Monday 9 September 2013

399 Remaja di Jabar Positif Terjangkit HIV/AIDS

Metrotvnews.com, Bandung: Sebanyak 399 anak usia di bawah 14 tahun di Jawa Barat (Jabar), positif terjangkit HIV/AIDS. Data sementara Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) setempat, penyebab penularan penyakit mematikan itu diduga dari orangtua mereka.

Sekretaris Harian KPA Jabar Arry Lesmana Putra di Bandung, Sabtu (7/9), mengatakan jumlah tersebut belum termasuk yang sudah meninggal dunia, dengan rata-rata usia di bawah 5 tahun. “Data yang diperoleh hingga akhir 2012, anak-anak yang (positif) terjangkit HIV/AIDS berusia 0 hingga 14 tahun,” tuturnya.

Ia mengakui dari tahun ke tahun anak-anak yang terjangkit HIV/AIDS di Jabar terus bertambah seiring belum sadarnya orang tua dalam penggunaan kondom. “Bukti masih rendahnya penggunaan kondom di Jabar, yakni hanya 20% yang sadar menggunakan alat tersebut,” jelas Arry.

Padahal, tambahnya jauh sebelumnya pihaknya terus melakukan sosialisasi ke sejumlah kota dan kabupaten di Jabar terkait manfaat penggunaan kondom. “Setiap tahun dibagikan 2 juta kondom kepada masyarakat. Entah kenapa, hanya sebagian kecil yang menggunakannya,” ungkap Arry. (Eriez)

No comments:

Post a Comment