Tuesday 10 September 2013

Prancis Ajukan Resolusi Soal Suriah ke DK PBB

Paris, - Pemerintah Prancis akan mengajukan resolusi soal Suriah ke Dewan Keamanan PBB. Resolusi tersebut menyerukan Suriah untuk menyerahkan persenjataan kimianya, atau jika tidak, akan menghadapi aksi militer.

Resolusi tersebut akan disampaikan ke DK PBB hari ini. Dalam resolusi itu juga disebutkan, orang-orang yang bertanggung jawab atas serangan kimia pada 21 Agustus di dekat Damaskus, Suriah, harus diadili di Pengadilan Kejahatan Internasional (ICC).

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius pada konferensi pers di Paris, Prancis seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (10/9/2013).

Dikatakan Fabius, resolusi itu akan meminta keterangan lengkap dari rezim Presiden Bashar al-Assad mengenai skala program senjata kimia Suriah. Juga agar senjata kimia tersebut segera ditempatkan dalam pengawasan internasional sebagai langkah awal sebelum dihancurkan.

Menurut pejabat tinggi Prancis itu, resolusi itu akan disampaikan sesuai Bab 7 Piagam PBB, yang memberikan dasar untuk aksi militer.

"Resolusi itu akan memberikan konsekuensi yang sangat serius jika Suriah melanggar kewajibannya," tegas Fabius.

No comments:

Post a Comment