Monday 9 September 2013

Parade Budaya Batak Buka Festival Danau Toba

Metrotvnews.com, Samosir: Parade budaya Batak secara resmi mengawali dibukanya Festival Danau Toba 2013 oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di Open Stage, Samosir, Minggu (8/9).

Tarian Tortor Sawan massal yang diikuti oleh ratusan remaja putri menjadi pembuka festival terbesar dan diharapkan menjadi agenda internasional ini.

Mereka menari dengan diiringi alunan musik khas Batak. Saat ratusan remaja putri ini menari, ribuan orang yang hadir banyak yang histeris karena mereka menunjukkan keahliannya dalam memainkan cawan yang dibawanya. Bahkan beberapa cawan yang dibawa jatuh dan pecah.

Kondisi ini membuat suasana lebih dramatis Setelah Tortor Sawan parade budaya dilanjutkan dengan Sulang-Sulang yaitu sebuah tradisi yang merupakan ungkapan terima kasih kepada orang tua. Saat Sulang-Sulang berlangsung, ribuan penonton  cukup menghayati ritual ini.

Selain Tortor Sawan dan Sulang-Sulang, pembukaan Festival Danau Toba 2013 juga dimeriahkan artis nasional dan artis-artis terkenal dari Tanah Batak.

Ketua Umum Festival Danau Toba 2013, Mangindar Simbolon mengatakan tema festival yang menggabungkan budaya dengan olahrag raga ini adalah "Arga Do Bona Ni Pinasa" atau menghargai tanah leluhur.

"Festival Danau Toba merupakan lanjutan dari Pesta Danau Toba yang selama ini digelar. Namun, untuk tahun ini dibuat lebih besar karena melibatkan banyak pihak," katanya di sela pembukaan festival.

Dengan adanya peningkatan kegiatan, kata dia, diharapkan Festival Danau Toba bisa menjadi kegiatan utama di Sumatra Utara maupun Indonesia sehingga mampu bersaing dengan kegiatan lainnya bahkan bisa lebih dikenal di seluruh dunia.

"Festival ini akan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif hingga lima tahun kedepan. Meski demikian harus mendapatkan dukungan pihak lain agar kegiatan ini lebih besar lagi," kata Wamenparekraf Sapta Nirwandar.

Setelah parade budaya selesai, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa secara resmi membuka Festival Danau Toba yang akan berangkhir 15 September nanti. Pembukaan festival ditandai dengan menabuh gendang khas Tanah Batak.

"Semoga festival ini bisa berdampak positif bagi masyarakat Samosir pada khususnya. Selain itu bisa meningkatkan ekonomi masyarakat," katanya di sela pembukaan.

Sebelum pembukaan Festival Danau Toba dilakukan ada beberapa prosesi yang dilakukan diantaranya menyebar daun sirih di tengah-tengah Danau Toba. Setelah itu dilanjutkan upacara penyambutan oleh para tetua Tanah Batak. (Antara)

No comments:

Post a Comment