Monday 9 September 2013

Musim Kemarau Berakhir Pertengahan September

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memerkirakan musim kemarau berakhir pada pertengahan September ini. Pada saat berakhirnya musim kemarau, akan ada peralihan ke musim hujan dengan intensitas tinggi meskipun hujan yang akan turun tidak setiap hari.

Untuk seminggu ke depan cuaca akan masih sama. Beberapa wilayah di Jawa Timur, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Bali masih akan diselimuti kemarau. Berbeda dengan beberapa wilayah lain di Indonesia, meskipun terjadi kemarau, akan terjadi hujan.

BMKG menilai musim kemarau di Indonesia memiliki waktu yang singkat. Kemarau akan berakhir pada pertengahan September. Untuk wilayah khatulistiwa bagian selatan juga masih mengalami kemarau.

Pada saat pergantian musim kemarau ke musim hujan akan terjadi hujan dengan intensitas tinggi disertai petir bahkan angin kencang. Hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi pada siang dan sore hari. Bagi wilayah Sumatra pada musim kemarau, BMKG mengimbau untuk mewaspadai lahan gambut yang mudah terbakar.

No comments:

Post a Comment